October 22, 2014 |  

 
 
  Latest Gallery  
 

 

PRESS RELEASE

NO: 5/HMS/I/2012

 

 

MENLU RI TEMUI HELEN CLARK BAHAS KEMITRAAN STRATEGIS RI-UNDP

 

Sesaat setelah mendarat di New York, dalam kunjungan kerja singkat ke Markas Besar PBB di New York, Menlu RI, Dr. R.M. Marty M. Natalegawa melakukan pertemuan dengan Administrator United Nations Development Programme (UNDP), Helen Clark, untuk membahas kemitraan stretagis Indonesia-UNDP tanggal 3 Februari 2012.

 

“Pertemuan ini untuk menindaklanjuti hasil-hasil kesepakatan pertemuan Presiden RI dan Helen Clark pada bulan April 2011,” tegas Menlu RI.

 

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Menlu RI dan Helen Clark sepakat untuk mengembangkan kerjasama kemitraan strategis meliputi program-program pembangunan yang selama ini telah dilaksanakan oleh UNDP di Indonesia melalui country program document, seperti pencapaian MDGs dan pengentasan kemiskinan; lingkungan hidup dan perubahan iklim; pemajuan demokrasi serta pencegahan dan pemulihan krisis.

 

“Indonesia dan UNDP selama ini telah bekerja sama sangat baik, khususnya dalam mendukung program pengentasan kemiskinan dan pencapaian MDGs di Indonesia,” imbuh Menlu RI.

 

Helen Clark, yang menjadi Administrator UNDP sejak April 2009, merupakan wanita pertama yang menduduki jabatan prestisius sebagai Administrator UNDP. Wanita ini juga menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru selama 3 periode yaitu tahun 1999-2008.

 

Kedua pihak sepakat bahwa tujuan kemitraan strategis diantaranya untuk memaksimalkan potensi Indonesia selaku mitra pembangunan global dan dalam memajukan agenda pembangunan di tingkat global dan kawasan, khususnya untuk negara-negara berkembang dan least developed countries (LDCs).

 

Tawaran pihak UNDP kepada RI untuk mengembangkan kemitraan strategis ini, antara lain didasari pada kenyataan dan pengakuan internasional terhadap pembangunan dan perekonomian Indonesia yang terus tumbuh dengan kuat. Beberapa Negara yang telah mengembangkan kemitraan strategis dengan UNDP diantaranya adalah Brazil, China, Afrika Selatan, Meksiko dan Turki.

 

“Ini memberikan peluang bagi Indonesia untuk terus dapat berkontribusi dalam kemitraan global guna memajukan agenda pembangunan di tingkat global,” lanjut Menlu RI.

 

Dalam pertemuan tersebut, telah ditegaskan kembali komitmen kedua belah pihak untuk mempercepat proses pembahasan peningkatan dan efektifitas kemitraan Indonesia dan UNDP baik dalam memajukan tujuan pembangunan nasional maupun dalam pencapaian tujuan pembangunan global melalui berbagai kerangka multilateral dan regional termasuk kerangka Global-South, South-South maupun Triangular Cooperation.

 

Dalam kunjungan ke Markas Besar ke New York, Menlu RI direncanakan akan menyerahkan instrumen ratifikasi CTBT dan melakukan pertemuan dengan Sekjen PBB untuk membahas situasi global dewasa ini termasuk menyampaikan surat Bapak Presiden kepada Sekjen PBB.

 

 

New York, 3 Februari 2012

 

  

Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations, New York
325 East 38th Street, New York, NY, 10016, USA
Tel: 1.212.972.8333,   Fax: 1.212.972.9780   -   www.indonesiamission-ny.org

 

GALLERY
RI Kutuk Keras Serangan Brutal Israel di Gaza
RI Kutuk Keras Serangan Brutal Israel di Gaza

Latest Press Release

New York - 21 October 2014.

RI Terpilih Kembali Sebagai Anggota Dewan HAM

Featured Links

 
 
 
     
 


Copyright © 2013 - Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations
325 East 38th Street, New York, NY, 10016, USA
Telp : +1-212-972-8333 | Fax : +1-212-972-9780 | eMail: ptri@indonesiamission-ny.org

All Rights Reserved.