August 21, 2014 |  

 
 
  Latest Gallery  
 

 

PRESS RELEASE

INDONESIA GOALKAN RESOLUSI

PENGUATAN KAPASITAS SIPIL DI NEGARA-NEGARA PASKA KONFLIK

 

 

“Indonesia berhasil mengoalkan resolusi tentang penguatan kapasitas sipil di negara-negara pasca konflik. Resolusi ini merupakan inisiatif kerjasama lintas-kawasan dengan Kanada dan didukung oleh sekitar 70 negara PBB sebagai co-sponsors.

 

Hal itu diungkapkan Duta Besar Desra Percaya, Wakil Tetap RI pada PBB, usai adopsi secara konsensus atas resolusi mengenai peran pakar sipil untuk membantu pembangunan perdamaian di negara-negara paska konflik, dalam Sidang Majelis Umum yang berlangsung hari Rabu (14/3/2012) di Markas Besar PBB, New York.

 

“Pengesahan resolusi ini bersifat historis, karena ini pertama kalinya PBB mengeluarkan resolusi yang secara khusus membahas peran pakar sipil dalam upaya pemulihan situasi setelah konflik,” demikian disampaikan Duta Besar Percaya. “Tenaga sipil yang terlatih dan siap dikerahkan, serta lembaga-lembaga terkait yang tangguh sangat penting dalam proses pemulihan perdamaian. Di lain pihak, pembentukan lembaga-lembaga yang kapabel dan dapat dipertanggungjawabkan, mensyaratkan adanya upaya internasional untuk meningkatkan kapasitas pakar sipil guna mendukung pemulihan nasional.”

 

“Penggunaan tenaga sipil yang efektif membutuhkan kemitraan yang kuat antara PBB dengan para negara anggotanya, serta para pemangku kepentingan yang lain, termasuk masyarakat madani dan organisasi regional,” lanjut Dubes Percaya.

 

Resolusi tersebut mengandung tiga unsur utama, yakni pengakuan pada prinsip-prinsip kepemilikan nasional, peningkatan kerjasama, dan proses pengembangan kapasitas maupun keahlian tenaga sipil yang bersifat inklusif.

 

“Resolusi ini akan mendorong upaya-upaya untuk mendayagunakan para pakar dari negara-negara berkembang, termasuk para pakar perempuan, khususnya yang berpengalaman dalam pemulihan perdamaian dan transisi demokrasi,” Dubes Percaya menekankan lebih jauh. “Dengan demikian, pengembangan kerjasama internasional yang sudah ada, maupun pembentukan kerjasama baru, akan ditingkatkan, untuk penyediaan tenaga sipil dimaksud.”

 

 

New York, 16 Maret 2012

Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations, New York
325 East 38th Street, New York, NY, 10016, USA
Tel: 1.212.972.8333,   Fax: 1.212.972.9780   -   www.indonesiamission-ny.org

 

GALLERY
RI Kutuk Keras Serangan Brutal Israel di Gaza
RI Kutuk Keras Serangan Brutal Israel di Gaza

Latest Press Release

New York - 22 July 2014.

RI KUTUK KERAS SERANGAN BRUTAL ISRAEL DI GAZA

Featured Links

 
 
 
     
 


Copyright © 2013 - Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations
325 East 38th Street, New York, NY, 10016, USA
Telp : +1-212-972-8333 | Fax : +1-212-972-9780 | eMail: ptri@indonesiamission-ny.org

All Rights Reserved.