July 25, 2014 |  

 
 
  Latest Gallery  
 

 

PRESS RELEASE

No.: 10 /ND-HUMAS/0312

 

INDONESIA DORONG PERCEPATAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

MELALUI PENGURANGAN RESIKO BENCANA

 

 

Dalam rangka meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya upaya bersama untuk mengurangi resiko bencana, Indonesia bersama-sama dengan Australia,Norwegia dan Peru atas nama Group of Friends for Disaster Risk Reduction (DRR), didukung United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UN-ISDR), menyelenggarakan pameran foto dengan tema “Saving the Day after Tomorrow: Accelerating sustainable development through Disaster Risk Reduction” pada tanggal 21-30 Maret 2012 di Markas Besar PBB, New York.

 

“Pembentukan Group of Friends for DRR telah mendapatkan dukungan banyak negara karena dinilai sangat strategis dan tepat waktu dalam memajukan upaya pengurangan resiko bencana pada forum global seperti PBB,” demikian disampaikan Deputi Wakil Tetap RI untuk PBB, Duta Besar Yusra Khan, pada acara resepsi pembukaan pameran foto dimaksud. “Pameran foto ini merupakan salah satu upaya konkrit diplomasi Indonesia dalam forum multilateral untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran global terhadap pengurangan resiko bencana.”

 

“Indonesia dipandang sebagai negara yang secara konsisten menerapkan langkah-langkah pengurangan resiko bencana sesuai dengan Hyogo Framework for Action 2005 – 2015,” lanjut Dubes Khan. “Upaya yang dilakukan Indonesia pada tingkat lokal dan nasional juga telah mendapat pengakuan internasional melalui pemberian penghargaan dari Sekjen PBB kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai the First Global Champion for Disaster Risk Reduction pada bulan November 2011.”

 

Pembukaan pameran foto tersebut dihadiri oleh Presiden Majelis Umum PBB, Duta Besar Nassir Abdulaziz Al-Nasser; Wakil Khusus Sekjen PBB untuk Disaster Risk Reduction (DRR), Margareta Wahlström; para Duta Besar, serta delegasi negara-negara anggota PBB yang tengah mengikuti pertemuan dalam rangka persiapan KTT Rio+20.

 

Duta Besar Al-Nasser dalam sambutannya mengatakan bahwa isu pengurangan resiko bencana merupakan salah satu prioritas Sidang Majelis Umum PBB ke-66, dan menyambut baik pembentukan Group of Friends for DRR di New York, termasuk penyelenggaraan pameran foto mengenai pengurangan resiko bencana.

 

Sementara Ms. Wahlström mengemukakan bahwa tahun 2012 memiliki makna khusus karena Presiden Majelis Umum PBB ke-66 dan Sekjen PBB sama-sama menetapkan upaya pengurangan resiko bencana sebagai salah satu prioritas. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah bagaimana meningkatkan kesadaran dan dukungan politis agar pengurangan resiko bencana terintegrasi dengan baik dalam agenda pembangunan berkelanjutan. Karena itu, pameran foto ini merupakan momentum yang tepat karena diselenggarakan di tengah-tengah negosiasi untuk mempersiapkan outcome document KTTRio+20.

 

“Melalui kegiatan seperti ini diharapkan akan semakin banyak negara yang mengikuti langkah Indonesia bersama Group of Friends for Disaster Risk Reduction dalam mengintegrasikan upaya-upaya pengurangan resiko bencana dalam agenda pembangunan berkelanjutan,” demikian Duta Besar Khan menutup pembicaraan.

 

New York, 21 Maret 2012

 


 

Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations, New York
325 East 38th Street, New York, NY, 10016, USA
Tel: 1.212.972.8333,   Fax: 1.212.972.9780   -   www.indonesiamission-ny.org

 

GALLERY
RI Kutuk Keras Serangan Brutal Israel di Gaza
RI Kutuk Keras Serangan Brutal Israel di Gaza

Latest Press Release

New York - 22 July 2014.

RI KUTUK KERAS SERANGAN BRUTAL ISRAEL DI GAZA

Featured Links

 
 
 
     
 


Copyright © 2013 - Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations
325 East 38th Street, New York, NY, 10016, USA
Telp : +1-212-972-8333 | Fax : +1-212-972-9780 | eMail: ptri@indonesiamission-ny.org

All Rights Reserved.