October 23, 2014 |  

 
 
  Latest Gallery  
 

SIARAN PERS

PERTEMUAN FORUM KONSULTATIF MENTERI-MENTERI FORUM KEBIJAKAN LUAR NEGERI DAN KESEHATAN GLOBAL DI NEW YORK, 23 SEPTEMBER 2013

 

Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa bertempat di gedung Perutusan Tetap Indonesia untuk PBB di New York telah memimpin pertemuan forum para menteri dari kelompok inisiatif kebijakan luar negeri dan kesehatan global (Foreign Policy and Global Health) yang dilaksanakan pada tanggal 23 September 2013, di sela-sela rangkaian acara Sidang Majelis Umum PBB ke-68 di New York. Indonesia selaku koordinator forum inisiatif ini mengangkat tema “Strengthening Partnership for Global Health in the Framework of Post-2015 Development Agenda”. Pertemuan dihadiri oleh 7 negara anggotanya, yaitu Afrika Selatan, Brazil, Indonesia, Perancis, Norwegia, Senegal dan Thailand.

Pada kesempatan ini, Menteri Luar Negeri RI menegaskan pentingnya memperkuat kinerja kemitraan negara anggota menjelang tahun 2015 mengingat data dan kajian PBB tahun ini yang menyimpulkan bahwa dari delapan target MDGs, masih banyak target di sektor kesehatan yang jauh tertinggal dibandingkan target lainnya.

Dalam diskusi terkait agenda pembangunan pasca-2015, disepakati bahwa kerangka kesehatan dalam agenda tersebut kiranya ditujukan untuk pencapaian pemenuhan hak masyarakat untuk memperoleh derajat kesehatan tertinggi pada setiap siklus kehidupan (health and wellbeing throughout the life cycle). Ditegaskan pula kiranya proses pembahasan agenda pembangunan pasca 2015 tidak mengurangi komitmen dan berbagai upaya percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Milenia (MDGs).

Terkait kemitraan untuk kesehatan global dalam kerangka agenda pembangunan pasca 2015, ditegaskan arti penting dari kerjasama dan koordinasi lintas sektor, lintas aktor, dan lintas negara dalam mengatasi hambatan struktural dan ekonomi yang menghambat pencapaian tujuan kesehatan. Dalam hal ini, negara-negara forum inisiatif FPGH menghimbau komunitas internasional untuk menguatkan kemitraan kesehatan global yang ditujukan untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan akuntabilitas kemitraan kesehatan global.

Di akhir pertemuan, para Menteri menyepakati adanya komunike bersama yang nantinya diharapkan dapat menjadi dasar dalam pembahasan rancangan resolusi terkait Kesehatan Global dan Kebijakan Luar Negeri di Sidang Majelis Umum PBB tahun ini, dimana Indonesia akan menjadi koordinator pembahasan rancangan resolusi tersebut.

Kelompok negara FPGH dibentuk pada tahun 2007 setelah pertemuan di Oslo dan merupakan kelompok yang dinilai berhasil memperjuangkan dimasukkannya isu kesehatan ke dalam agenda global di Sidang Majelis Umum PBB dalam bentuk resolusi tahunan.

Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations, New York
325 East 38th Street, New York, NY, 10016, USA
Tel: 1.212.972.8333,   Fax: 1.212.972.9780   -   www.indonesiamission-ny.org

 

GALLERY
RI Kutuk Keras Serangan Brutal Israel di Gaza
RI Kutuk Keras Serangan Brutal Israel di Gaza

Latest Press Release

New York - 21 October 2014.

RI Terpilih Kembali Sebagai Anggota Dewan HAM

Featured Links

 
 
 
     
 


Copyright © 2013 - Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations
325 East 38th Street, New York, NY, 10016, USA
Telp : +1-212-972-8333 | Fax : +1-212-972-9780 | eMail: ptri@indonesiamission-ny.org

All Rights Reserved.